Direktur PTKI: Kemenag Akan Memperbanyak Jurnal Internasional Bereputasi

Jakarta (Pendis) – Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Arskal Salim menyampaikan bahwa program Akselerasi Guru Besar sangat diperlukan dalam rangka mendorong dosen senior yang bergelar doktor lebih memahami regulasi dan karakteristik penulisan karya ilmiah dalam jurnal internasional bereputasi.

“Ketika banyak kandidat Guru Besar yang kurang update dalam memahami regulasi penulisan karya ilmiah di jurnal internasional bereputasi saya kira program akselerasi guru besar perlu untuk diadakan. Kalau bisa diadakan pada awal tahun sekitar bulan Februari agar kita bisa mengukur hasilnya di akhir tahun 2018 nanti,” ungkapnya saat memberi arahan di acara sidang Guru Besar, Kamis, (28/12/2017) di Jakarta.

Sesuai dengan regulasi yang ada bahwa syarat pengajuan Guru Besar salah satunya adalah menulis karya ilmiah di jurnal internasional bereputasi.

“Banyak calon Guru Besar yang terkendala karena persyaratan penulisan artikel dan pemilihan jurnal blm memenuhi ketentuan dan persyaratan. Untuk itu perlu diberi pemahaman tentang karakter penulisan karya ilmiah dan penjelasan jenis-jenis jurnal internasional yang terindex Scopus,” tuturnya.

Kemenag akan tingkatkan hubungan kerjasama dengan Kemenristekdikti dan pihak-pihak lain untuk memperbanyak jumlah jurnal internasional bereputasi. “Kita akan memperbanyak jurnal internasional bereputasi sebagai pilihan untuk publikasi karya ilmiah para dosen dan kandidat Guru Besar di lingkungan Kemenag,” ungkap Arskal.

Direktorat PTKI juga akan terus mendorong pengelola jurnal di PTKI meningkatkan kualitasnya. “Pelan-pelan kita juga akan meningkatkan jurnal yang terakreditasi untuk ditingkatkan masuk ke scopus,” pungkasnya. (ogie/dod)

Share dengan…


Source link

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

pendis
Direktorat PTKI Susun Rencana Induk Penelitian Integrasi Keilmuan

Jakarta (Pendis) – Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) melalui Subdit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat sedang melakukan proses penyusunan Rencana Induk Penelitian Integrasi Keilmuan (RIPIK). “RIPIK ini akan dijadikan modal awal dalam membaca dan merencanakan setidaknya 10 (sepuluh) tahun yang akan datang dalam hal penelitian yang dikembangkan di lingkungan Perguruan …

pendis
Pemanfaatan Hasil Ujian Nasional pada Madrasah Aliyah

Ujian Nasional biasa disingkat UN / UNAS adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional …

pendis
Direktorat PTKI Adakan Inovasi Penguatan Penelitian

Jakarta (Pendis) – Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) akan melakukan Inovasi Penguatan Penelitian untuk PTKI di seluruh Indonesia. Inovasi Penguatan Penelitian ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan MoRA-ATN Research and Innovation Scholarship (MoARIS) yang merupakan hasil kerja bareng antara Direktorat Jenderal Pendidikan Islam dengan Australian Technology Network of University …