Dirjen Pendis Resmikan Gedung Baru di STAIN Parepare

Parepare (Pendis) – Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama RI, Kamaruddin Amin meresmikan tiga bangunan yang terletak di kampus hijau Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Sabtu (10/02).

Peresmian gedung perpustaakaan lima lantai, gedung perkuliahan jurusan syariah dan gedung perkuliahan terpadu senilai 49 Milyar rupiah merupakan pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau Sukuk Negara 2017 lalu ini dilakukan bersamaan rangkaian kegiatan Wisuda Sarjana dan Magister Tahun 2018.

Dalam orasi ilmiahnya, Kamaruddin menyampaikan ucapan terimakasih dan rasa bangganya kepada keluarga besar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dan Swasta karena telah berkontribusi secara fundamental terhadap kehidupan keberagamaan di Indonesia.

“Indonesia yang dengan keberagamannya dan memiliki stabilitas ekonomi, politik dan sosial seperti sekarang ini dan menjadi pusat moderasi Islam dunia dan menjadi negara muslim terbesar dunia diantaranya adalah karena kontribusi para alumni PTKI yang tersebar di Indonesia,” ujar Kamaruddin.

Ia menegaskan bahwa hubungan dan refleksi keberagamaan sebuah bangsa sangat erat kaitannya dengan kaum terdidik yang ada di negara tersebut. Seperti juga Indonesia yang saat ini menjadi negara yang humanis, moderat, demokratis, inklusif damai dan toleran tidak lepas dari andil Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang ada.

Hal ini disebabkan PTKI memproduksi sarjana islam yg memiliki pemikiran keagamaan yang moderat dan berpandangan bahwa islam dan demokrasi adalah elemen yang memiliki kesamaan subtansi, selain itu juga kita telah berhasil sebarkan nilai islam yang menghargai perbedaan, menghargai keragaman dan kemajemukan sekaligus mempromosikan islam yang kompatibel dengan demokrasi, tuturnya.

Peresmian ditandai dengan penandatangan prasasti disaksikan oleh Ketua STAIN Parepare (Dr. Ahmad Sultra Rustan), Walikota Parepare (Dr. Taufan Pawwe), civitas akademika dan ratusan wisudawan. (hikmah/dod)

Share dengan…


Source link

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

pendis
Apresiasi Pramuka Santri, PPSN V 2018 Dibahas Dalam Rakernas Kwartir Nasional

Bogor (Pendis) – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang dihadiri oleh seluruh pengurus Kwarnas dan Kwartir Daerah dari seluruh Provinsi se-Indonesia. Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (Dit. PD-Pontren), Ahmad Zayadi pun turut hadir sebagai salah satu narasumber pada Rakernas yang dibuka oleh Ketua Kwarnas …

pendis
Ekspansi Penelitian Dan Pengabdian PTKI Untuk Produk Halal

Pasca lahirnya Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal yang kemudian diikuti dengan restrukturisasi Badan Produk dan Jaminan Halal (BPJH) sebagai unit tersendiri di lingkungan Kementerian Agama RI, terbuka sejumlah peluang strategis bagi dunia Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Peluang strategis yang dimaksud adalah adanya kesempatan yang perlu …

pendis
Santri PBSB Komitmen Jaga Islam Indonesia

Yogyakarta (Pendis) – Seluruh alumni pesantren yang tergabung dalam Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) yang tengah studi pada berbagai Program Studi di Kampus UGM dan UIN Yogyakarta sepakat untuk tidak terlibat dan ikut-ikutan dalam organisasi atau kegiatan yang anti terhadap Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945. Komitmen ini …