Kemenag Apresiasi Pola Pelaksanaan PPKB Mandiri Guru Madrasah

Malang (Pendis) – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris yang didampingi Education Quality Improvement Consortium (EQUIC) di desa Panggungrejo kecamatan Gondanglegi kabupaten Malang aktif menjalankan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) mandiri.

MGMP yang berada di pedesaan terpencil dengan jarak tempuh sekitar 25 KM dari pusat kota Malang tidak mengecilkan semangat untuk terus mengingkatkan kompetensi melalui PPKB Mandiri.

PPKB mandiri merupakan model peningkatan kompetensi yang besar dari guru, oleh guru dan untuk guru sendiri tanpa menunggu dan mengandalkan program dari pusat. Hal ini yang dilakukan oleh EQUIC di Malang Selatan yang kerjasama dengan Peace Corps. Kerjasama ini dalam bentuk sharing method pengajaran bahasa inggris.

Peace Corps sendiri merupakan organisasi sosial yang bergerak dalam usaha penyelesaian masalah sosial kemasayakaratan seperti permasalahan HIV AIDS, kelaparan, lingkungan hidup, meningkatkan aksestabilitas dan lain sebagainya. Peace Corps sudah berjalan lebih dari 5 dekade dan aktif menjalankan program di Indonesia tahun 2010 sampai sekarang dengan valunter yang tersebar di 140 negara.

Kegiatan PPKB mandiri mendapatkan apresiasi dan perhatian langsung dari Direktorat GTK Madrasah. Direktur GTK Madrasah, Suyitno menyempatkan diri untuk melihat langsung pelaksanaan PPKB Mandiri yang dilakukan oleh EQUIC, di Malang, Sabtu (10/02).

Suyitno mendorong pola yang dilakukan oleh EQUIC menjadi model percontohan pelaksanaan agar pelaksanaan PPKB mandiri di daerah lain. “Kita dorong ini dijadikan role model PPKB mandiri untuk daerah lain juga,” tegas Suyitno.

Suyitno juga menyampaikan bahwa pola PPKB Mandiri memiliki potensi besar dalam usaha meningkatkan kompetensi guru madrasah mengingat kondisi Indonesia yang sangat beragam, baik dari sisi geografis maupun sosial kemasyarakatannya. (maryani/asro/dod)


Diupload oleh : dod (-) | Kategori: Kegiatan Madrasah |
Tanggal: 12-02-2018 15:16

Share dengan…


Source link

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

pendis
Apresiasi Pramuka Santri, PPSN V 2018 Dibahas Dalam Rakernas Kwartir Nasional

Bogor (Pendis) – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang dihadiri oleh seluruh pengurus Kwarnas dan Kwartir Daerah dari seluruh Provinsi se-Indonesia. Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (Dit. PD-Pontren), Ahmad Zayadi pun turut hadir sebagai salah satu narasumber pada Rakernas yang dibuka oleh Ketua Kwarnas …

pendis
Ekspansi Penelitian Dan Pengabdian PTKI Untuk Produk Halal

Pasca lahirnya Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal yang kemudian diikuti dengan restrukturisasi Badan Produk dan Jaminan Halal (BPJH) sebagai unit tersendiri di lingkungan Kementerian Agama RI, terbuka sejumlah peluang strategis bagi dunia Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Peluang strategis yang dimaksud adalah adanya kesempatan yang perlu …

pendis
Santri PBSB Komitmen Jaga Islam Indonesia

Yogyakarta (Pendis) – Seluruh alumni pesantren yang tergabung dalam Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) yang tengah studi pada berbagai Program Studi di Kampus UGM dan UIN Yogyakarta sepakat untuk tidak terlibat dan ikut-ikutan dalam organisasi atau kegiatan yang anti terhadap Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945. Komitmen ini …