Direktorat PD-Pontren melakukan Sinkronisasi Program Bersama Litbang Penda & Litbang LKKMO
pendis

Direktorat PD-Pontren melakukan Sinkronisasi Program Bersama Litbang Penda & Litbang LKKMO

 

Jakarta (Pendis) – Siang ini, Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD-Pontren) melakukan sinkronisasi program PD-Pontren dengan Litbang Penda & Litbang LKKMO. Ketika membuka kegiatan ini, Direktur PD-Pontren Dr. Zayadi menyampaikan perlunya konsolidasi dan reformulasi program serta mencari masukan dan rekomendasi dari berbagai pihak. “Kita perlu melakukan pendalaman program agar semua lini bisa sesuai dengan kebutuhan akademik dan hasil penelitian dari para ahli,” tuturnya.

Untuk tujuan ini, Litbang Penda dan Litbang LKKMO menjadi mitra sinkronisasi program PD-Pontren karena memiliki misi yang saling berkelindan. “Kita perlu bersinergi dengan Litbang Kemenag untuk kepentingan literasi Keislaman dan festival kebudayaan pesantren karena mereka juga memiliki komitmen yang sama,” tambah Zayadi.

Sinergi antar satker ini sangat penting mengingat PD-Pontren selain agenda rutin juga memiliki berbagai agenda dan program bergengsi skala nasional dan internasional yang perlu didukung dengan strategi aktif.

Merespon hal ini, Staf Khusus Menteri Agama Hadi Rahman menilai bahwa data pesantren harusnya bisa bergerak dalam big data sehingga direktorat bisa melakukan pembenahan dan tata kelola yang baik. “Kita dituntut bisa memiliki data akurat yang bisa cepat disuguhkan. selain itu, Kemenag pada prinsipnya tidak bermaksud melakukan sentralisasi kebijakan, tetapi lebih kepada penataan prosedur yang selama ini dinilai kurang akurat dan efisien,” ujar Hadi Rahman.

“Bahkan untuk kepentingan kapitalisasi pendidikan pesantren, PD-Pontren perlu melakukan survey terhadap pesantren, dari tingkat kepuasan santri, brandmarking pesantren, dan pola pendidikannya sehingga hasil survey ini bisa menjadi pijakan direktorat untuk program selanjutnya,” Imbuh Staf Khusus Kemenag Bidang Media ini.

Kegiatan ini dihadiri oleh 60 peserta. Turut serta dalam singkronisasi ini, Ahmad Zayadi Direktur PD-Pontren, Muhammad Zain Kapus Litbang LKKMO, Hadi Rahman dan Ali Zawawi Stafsus Menag, Faiqoh Mansyur Ahli Peneliti Utama Puslitbang Penda, Afrizal Zen Kabiro Ortala Kemenag, serta Eselon III dan IV PD-Pontren serta Litbang Penda & Litbang LKKMO. (rfq/dod)

Diupload oleh : dod (-) | Kategori: Kegiatan PD-Pontren |
Tanggal: 01-03-2018 14:13

Share dengan…

Source link