Perkemahan Mahasiswa PTKI Angkat Tema <i>Eco Culture Tourism</i>

Pekanbaru (Pendis) – Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW PTK) XIV 2018 akan digelar pada tanggal 3 s/d 10 Mei mendatang di Bumi Perkemahan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Berbagai persiapan telah dilakukan oleh Kementerian Agama RI bersama UIN Riau.

Syafriansyah Kasubdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan mewakili Direktur Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Kemenag RI mengatakan, Perkemahan Wirakarya yang diperuntukan untuk kalangan Pramuka Pandega pada Gugus Depan PTKI (UIN, IAIN dan STAIN) akan mengangkat tema lingkungan, budaya dan wisata (eco culture tourism).

Syafriansyah berharap PW PTK untuk yang ke 14 kalinya harus mempunyai distingsi dan excellensi dibanding dengan perkemahan mahasiswa pada umumya. Dengan tema: “Mengembangkan Keunggulan lokal berbasis lingkungan, budaya, dan wisata” bagi Syafri merupakan langkah strtategis memperkuat peran mahasiswa dalam pembangunan bangsa.

Sebagai distingsi dan excellensi PW PTK tahun ini, Afif Anshori Tim Pengawasan Penelitian dan Evaluasi (Waslitev) menyatakan bahwa home stay (tempat pengabdian peserta perkemahan) tidak hanya untuk satu desa sebagaimana pada perkemahan dua tahun yang lalu, melainkan akan dikembangkan menjadi lima desa.

Selain itu lanjut Afif, akan digelar berbagai ragam kegiatan baik bakti fisik maupun non fisik dalam projek sosial yang akan bermanfaat untuk masyarakat sekitar. Peserta diharapkan berpetran sebagai fasilitator dalam kegiatan sosial, keagamaan dan bakti-bakti riil lainnya bersama masyarakat.

Ivan Rahmawan Tim Waslitev lainnya menambahkan degan tema tersebut diharapkan pramuka dapat mengembangkan potensi lingkungan, sosial budaya, religi dan wisata di daerah dan dapat di kenalkan melalui berbagai media sosial.

Ivan menegaskan penggunaan media sosial saat ini dipandang efektif dalam mengenalkan potensi lokal, bukan hanya dilingkup lokal namun menjangkau secara global. “Generasi muda saat ini yang tergabung dalam Pramuka Pandega berpotensi menjadi duta pembangunan bidang lingkungan budaya dan wisata melalui media sosial,” kata Dosen IAIN Surakarta itu.

Untuk itu lanjut Ivan, dalam kegiatan PW PTK akan menyelenggarakan kegiatan workshop, talkshow dan diskusi dengan kalangan pengusaha rintisan (star up) dan pelaku bisnis online seperti CEO Bukalapak.com, Gojek, dan juga menghadirkan para youtuber terkenal.

Terkait dengan disain PW PTK yang ingin mengangkat tema-tema keunggulan lokal, Thohirin Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UIN Sultan Syarif Kasim menyambut baik dan seluruh civitas akademika akan menyiapkan segalanya. “Kami sudah berkomunikasi dengan Pemerintah Daerah Provinsi Riau untk bersinergi mensukseskan gawe pramuka untuk mahasiswa PTKI,” katanya.

Focus Grupun Discation Persiapan Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan Islam XIV Tahun 2018 dilaksanakan pada tanggal 4-5 Pebruari 2018. Diikuti oleh unsur Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, unsur UIN Sultan Syarif Kasim, Waslitev dan Pengurus Racana Gerakan Pramuka UIN Riau. (Ruchman Basori/dod)

Share dengan…


Source link

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

pendis
Apresiasi Pramuka Santri, PPSN V 2018 Dibahas Dalam Rakernas Kwartir Nasional

Bogor (Pendis) – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang dihadiri oleh seluruh pengurus Kwarnas dan Kwartir Daerah dari seluruh Provinsi se-Indonesia. Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (Dit. PD-Pontren), Ahmad Zayadi pun turut hadir sebagai salah satu narasumber pada Rakernas yang dibuka oleh Ketua Kwarnas …

pendis
Ekspansi Penelitian Dan Pengabdian PTKI Untuk Produk Halal

Pasca lahirnya Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal yang kemudian diikuti dengan restrukturisasi Badan Produk dan Jaminan Halal (BPJH) sebagai unit tersendiri di lingkungan Kementerian Agama RI, terbuka sejumlah peluang strategis bagi dunia Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Peluang strategis yang dimaksud adalah adanya kesempatan yang perlu …

pendis
Santri PBSB Komitmen Jaga Islam Indonesia

Yogyakarta (Pendis) – Seluruh alumni pesantren yang tergabung dalam Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) yang tengah studi pada berbagai Program Studi di Kampus UGM dan UIN Yogyakarta sepakat untuk tidak terlibat dan ikut-ikutan dalam organisasi atau kegiatan yang anti terhadap Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945. Komitmen ini …