Perkuat Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah, Kemenag Gandeng Pemerintah Daerah

Lombok (Pendis) – Kementerian Agama melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah terus melakukan terobosan untuk memperkuat Kompetensi Kepala Madrasah di bidang manajerial. Salah satu langkah yang dilakukan Direktorat GTK Madrasah adalah menggandeng Pemerintah Daerah (Pemda).

Untuk merealisasikan agenda tersebut Direktur GTK Madrasah Suyitno melakukan kunjungan atau road show ke beberapa ke kabupaten/kota. Kabupaten Lombok Utara Provinsi Nusa Tenggara Barat menjadi daerah pertama yang dikunjungi.

Dalam kunjungan tersebut, Suyitno diterima langsung oleh Bupati Lombok Utara, Najmul Akhyar. Di sela-sela pertemuan, Suyitno menyampaikan bahwa banyak program Direktorat GTK Madrasah yang bisa disinergikan dengan pemerintah daerah khususnya untuk penguatan kepala madrasah.

“Sinergi penguatan kepala madrasah seiring dengan lahirnya PMA 58 tahun 2017 tentang Kepala Madrasah, salah satu kompetensinya mampu menumbuhkan jiwa kewirausahaan di madrasah,” ujar Suyitno di Lombok Utara, Kamis sebagaimana diberitakan Kemenag.go.id (18/01).

Menurut Suyitno, road show penguatan kepala madrasah dan melakukan sinergi dengan pemerintah daerah rencananya akan dilanjutkan ke daerah-daerah lain sebagai langkah percepatan peningkatan mutu kepala madrasah.

Bupati Lombok Utara, Najmul Akhyar menyambut baik niat Kemenag untuk mensinergikan program-program yang ada di pusat dengan Pemerintah Daerah khususnya dalam hal penguatan kepala madrasah. “Kami siap menjadi mitra utama Direktorat GTK Madrasah,” ujar Najmul.

Najmul Akhyar juga menyampaikan bahwa pihaknya berjanji akan mengaadakan pelatihan kewirausahaan untuk 1000 (red. seribu) Kamad melalui alokasi Anggaran Pendapatan Belaja Daerah (APBD ). Selain itu, pihak Pemkab juga akan mengadakan Koperasi Syariah berbasis madrasah di setiap Madrasah yang memenuhi syarat.

Dalam kunjungannya, Suyitno didampingi oleh Kasubbag Tata Usaha GTK Madrasah Sidik Sisdiyanto, Kabid Pendidikan Madrasah NTB dan Kepala Kankemenag Lombok Utara. Sedangkan Bupati didampingi oleh Sekda, Kepala Bappeda dan Kadisdikpora Lombok Utara.

Selain melakukan kunjungan dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, Suyitno bersama Kepala Kantor Kementerian Agama NTB Nasaruddin, juga menjadi pemateri dalam kegiatan Pembinaan Kasi Pendidikan Madrasah, Pengawas, dan Kepala Madrasah se-Provinsi Nusa Tenggara Barat. (maryani/dod)


Diupload oleh : dod (-) | Kategori: Kegiatan Madrasah |
Tanggal: 20-01-2018 04:53

Share dengan…


Source link

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

pendis
Apresiasi Pramuka Santri, PPSN V 2018 Dibahas Dalam Rakernas Kwartir Nasional

Bogor (Pendis) – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang dihadiri oleh seluruh pengurus Kwarnas dan Kwartir Daerah dari seluruh Provinsi se-Indonesia. Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (Dit. PD-Pontren), Ahmad Zayadi pun turut hadir sebagai salah satu narasumber pada Rakernas yang dibuka oleh Ketua Kwarnas …

pendis
Ekspansi Penelitian Dan Pengabdian PTKI Untuk Produk Halal

Pasca lahirnya Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal yang kemudian diikuti dengan restrukturisasi Badan Produk dan Jaminan Halal (BPJH) sebagai unit tersendiri di lingkungan Kementerian Agama RI, terbuka sejumlah peluang strategis bagi dunia Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Peluang strategis yang dimaksud adalah adanya kesempatan yang perlu …

pendis
Santri PBSB Komitmen Jaga Islam Indonesia

Yogyakarta (Pendis) – Seluruh alumni pesantren yang tergabung dalam Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) yang tengah studi pada berbagai Program Studi di Kampus UGM dan UIN Yogyakarta sepakat untuk tidak terlibat dan ikut-ikutan dalam organisasi atau kegiatan yang anti terhadap Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945. Komitmen ini …